Dalam hal ini saya mempunyai banyak ide bisnis namun ide bisnis belum tentu sebuah peluang, karena peluang merupakan ide bisnis yang bisa menciptakan solusi dan orang mampu untuk membeli solusi tersebut.Peluang bukan hanya dicari namun bisa juga diciptakan. Pada blog saya kali ini saya akn menjelaskan tentang macan- macam opportunity.
1. Opportunity Reconginition
yaitu peluang usaha yang apabila permintaan dan pasokan sudah jelas maka disebut OpputunityReconginition,jadi kita tadak perlu menciptakan produk,karena produk dan pasar sudah jelas adanya. Contoh, ada barang tertentu yang sering di cari namun tidak tersedia di tempat tersebut, maka sebagai seorang entrupreanur kita bisa melihat ini sebagai pluang bisnis dengan menyediakan barang yang dicari tersebut.
2. Opportunity Seeking
Dalam situasi ini kita sudah mempunyai produk namun belum tau siapa pasar kita, sehingga kita harus mencari target pasar/ orang yang membutuhkan produk tersebut. Untuk menentukan keberhasilan Opportunity Seeking ini ada tiga pertanyaan yaitu: siapa,dimana,dan berapa besar peluang pembelinya. Contoh, apabila di Indonesia banyak orang membutuhkan obat peninggi badan namun di Indonesia barang tersebut belum ada sedang di Hong Kong barang tersebut sudah tersedia maka kita bisa menyediakan barang tersebut dari Hong Kong.
3. Opportunity Discovery
Apabila sebuah kebutuhan pasar yang sangat nyata dan tidak terpenuhi serta ketidakpuasan pelanggan.
4. Opportnity Creating
Ini tingkat tertinggi kreativitas entrepreneur, yaitu sebuah bisnis yang tidak bisa dilihat dari kebutuhan pasar dan juga ketersediaanya produk yang sudah ada terlebih dahulu. Dalam hal ini harus menemukan atau menciptakan produk atau jasa yang sebelumnya belum terpikirkan apakah produk tersebut di butuhkan atau tidak. Contoh, Walkman yang diciptakan oleh Sonny.
Untuk bisnis kita juga tidak bisa lepas dari kretifitas, maka dari itu setiap produk yang telah ada haruslah tetap perlu inovasi,tanpa adanya inovasi makan tidak akan bsamengikuti perkembanagan pasar dan juga memungkinkan kalahnya dalam persaingan bisnis. Dalam berinovasi jangan asal memasukan ide-ide baru tapi ide-ide tersebut harus bisa di terima oleh pelanggan atau masyarakat juga.
Dari penjeasan diatas tentang opportunity(peluang) semoga bisa bermanfaat bagi pembacanya dan semoga bisa menambah wawasan.
SALAM ENTREPRENEUR!!!!!!!
Tugasblogke2PER
Bagus mbak Amy.......Tetep semangat dan yakin bisa.....jangan JJS(janji-janji surga) aja..... keep spirit
BalasHapusPiye piye piye lak mlempem?????
HapusJJS (Jalan-jalan sehat) ok mbk.
lek mlempem tandane kudu dijemur maneh....sampee guuaaaring (blitar banget)
BalasHapuswes tak dukung........ :)
Aku wes iyeng mbk g usah di jemur,,,,,
BalasHapusBLITAR kota kita.
wes manteeeppp...!
BalasHapusSuwun mbk Hanik,,,,,
BalasHapusbagus,,kayaoo
BalasHapusSwn mbk.....
BalasHapusLak jatuh,,, kita bangun bareng2.
Hehehe