Sabtu, 05 April 2014

BMC ( Bisnis Model Kanvas)

     Ini merupakan blog ke 9 saya selama mengikuti PER( Pengantar Intrupreneur Ritel). Kali ini materi sudah sampai pada BMC( Bisnis Model Canvas) untuk start up bisnis kita nanatinya.
BMC adalah rancangan secra ringkas tentang bisnis yang akan dijalankan. Kenapa disebut Bisnis Model Canvas???  Karena pembuatan perncanaan bisnis ini berada pada selembar kertas. Dan dalam BMC ini akan dijelaskan 9 tahap mengenai Costemer Segment, Customer Relanship, Key Activitis, Key Patners, dll.
     Dibawah ini akan saya jelaskan urutan bagaimana mengisi bisnis model kanvas.

1.Costumer Segments, yaitu siapa target market yang akan di tuju saat mejalankan bisnis. Semua harus jelas target marketnya, sehingga saat menbuat produk sudah tau target yang akan di bidik.
2. Value Propositon, adalah keunggulan atau nilai dari produk yang akan ditawarkan.
3. Chanel, yaitu tempat yang digunakan untuk bertemeunya penjual dan pembeli. misal warung, depot, toko dan lain-lain.
4. Costumer Relasenship, bagaimana sebuah usaha bisa mempertahankan pelanggannya supaya melakukan pembelian berulaang-ulang, misal kita membuat promosi-promosi, memberikan discon, atau bisa juga yang lainnya.
5. Revenue Stream, dimana uang dapat masuk dari usaha yang dijalankan. Bisa dari penjualan pokok, dari penjualan snack, dan lain-lain.
6. Key Resources, merupakan sumber daya bisa berupa sumberdaya manusia, modal, atau yang lainnnya.
7. Key Activities, yaitu aktivitas apa saja yang dilakukan selama menjalankan usaha, mulai dari buka sampai tutup. Cotoh memilih bahan-bahan, memasak, melayani pelanggan,dan lain-lain.
8. Key Phatners, merupakan orang-orang yang menjadi patner dalm bisnis/usah. Contoh, jika membuka bisnis kuliner maka key patnersnya yaitu tukang sayur, penjual bahan-bahan masakan yang akan di jual di warung atau restoran.
9. Cost Structure, yaitu biya-biaya yang digunakan seperti sewa tempat, biaya bayar listrik, bayar tagihan air, dan sebagainya.
     Sembilan urutan pengisian BMC di atas harus di isi secara berurutan, untuk mengetahui alur usaha yang akan di jalankan dan untuk mengetahui akan seperti apa usaha yang akan di jalankan.

Demikian yang bisa saya bahas dalam Blog yang ke 9 ini.

Jika ada saran dan kritik sialhkan sampaikan di kolom komentar. TERIMAKSIH!!!!!!!!!!!!

 

1 komentar: