Selasa, 05 November 2013

5S atau 5R

       Jumpa lagi di Jurnal Refleksi ke lima. Yuk kita belajar tentang 5R. Apa sich 5R?,,,,,InI dia penjelasannya.
        Kaizen berasal dari bahasa jepang''kai'' atinya perubahan. ''Zen'' artinya baik. Jadi kaizen adalah perubahan yang dilakukan secara terus menerus untuk menjadi lebih baik. Salah satu metode perubahan yang dilakukan perusahan-perusahaan yaitu 5S atau 5R. 5S atau 5R sendiri mempunyai arti Seiri(Ringkas), Seiton(Rapi), Seiso(Resik), Seiketsu(Rawat), dan Shitsuke(Rajin).

     1.  Seiri( Ringas)
 yaitu pemilihan barang yang masih di gunakan atau tidak, dalam pemilihan tersebut harus dipisahkan mana yang sering digunakakan, jarang digunakan. untuk barang yang jarang di pakai bisa disimpan bersama. dan untuk yang sering digunakan di letakan di tempat kerja tersebut. jika ada kerusakan segera diperbaiki. Keuntungan dari pada peringkasan barang-barang adalah area menjadi lebih luas, mendekatkan barang-barang yang letaknya berjauhan dan tentunya lebih ringkas.
     2.  Seiton( Rapi)
Merupakan perapian dari barang-barang yang sudah di ringkas tersebut, seperti menyimpan atau meletakkan barang sesuai tempat, dan jenisnya.
    3.  Seiso(Resik)
Resik berarti bersih, yaitu pembersihan barang-barang maupun lingkungan, dengan pembersihan menghindari adanya debu, sarang laba-laba,atau kotoran yang bersarang, dan menjadikan lingkungan lebih bersih dan teratur. Dengan adanaya lingkungan yang bersih dan rapi bisa meningkatkan mood utuk bekerja, barang-barang yang bersih terlihat berkwalitas.
   4.  Seiketsu(Rawat)
Yaitu penerapan 3R di atas oleh setiap individu yang berada di tempat tersebut, sehingga lingkunggan terjaga dalam kondisi 3R diatas. Selalau terjga kebersihanaya, rapi dan juga ringkas.
   5.  Shitsuke(Rajin)
Merupakan kesadaran dari setiap individu untuk selalau menjaga lingkungan, diantaranya dengan selalu membuang sampah pada tempatnya, tidak meludah di sembarang tempat, membereskan sampah yang tercecer, melaksanakan piket dengan baik tampa dikomando. Dan semua itu di lakukan walaupun tanpa pengawasan oleh atasan.
     Penerapan 5R ini sebaiknya dilakukan di setiap tempat, bisa di rumah, kantor, dan juga perusahan-perusahaan sehinga tercipta suasana yang yaman. MARI KITATERAPKAN BUDAYA 5R DIMANAPUN BERADA.

     Inilah sedikit penjelasan tentang 5S atau 5R. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Dan jika ada kritik atau saran silahkan tulis di kolom komenar!!!!! 




 AmyA m y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar