Sabtu, 09 November 2013

Cash Flow

        Ini ni yang bikin pusing dan kayak hantu,,,,,, maslah uang atau Cash flow. Tapi engak apa-apa lah dipaksa dikit biar otak ngak tidur terus. Yuk kita blajar, Di minggu ke enam ini mataeri PER(Pengantar Entrepreneur Ritel) membahas tentang cash flow.

          Cash flow atau biasa di sebut Arus Kas, merupakan masuk dan keluarnya uang dalam sebuah usaha atau perusahaan. Uang yang masuk di sebut cash in, sedang uang yang kluar disebut cash out.
         Cash flow merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah usaha, karena jika cash flow terhambat usaha akan terhambat juga. Dalam hal ini biasanya terjadi karena barang yang menjadi stok terlalu lama, dan uang yang menjadi piutang yang tidak segera di bayar oleh pelanggan. Sehingga biaya operasional terhambat. Akibatnya usaha bisa terhenti.
   
Cash in atau pendapatan di bagi menjadi dua:
a. Pendapatan dari usaha tersebut. misalnya usaha warung. uang yang dihasilkan dari menjual makanan di warung tersebut.
b. Pendapatan di luar usaha. Misal dapat hadiah.
Cash out atau pengeluaran juga dibagi mejadi dua:
a. pengeluaran untuk usaha. Contoh bayar gaji pegawai, bayar tagihan listrik, tagihan air dan lain-lain.
b. Pengeluaran di luar usaha, misal biaya untuk berobat karyawan yang sakit, tiba2 terjadi musibah kebakaran (semoga tidak terjadi ya,,,)
 
         Cara menghitung rugi /laba dalam sebuah usaha yaitu:  Harga - Total Biaya= Rugi/Laba.
jadi seluruh biaya yang di keluarakan di kurangi hasil dari penjualan. Jika pendapatan lebih kecil dari biaya operasional maka usaha rugi, dan jika pendapatan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka usaha tersebut untung.
        Selain rugi/laba sebaiknya mengetahui bagaimana menghitung Break Even Point atau Impas. Supaya jika usaha mengalami penurunan setidaknya bisa mempeoleh impas dari usaha tersebut.ini dia rumusnya:            
Unit yang harus di jual=    Biaya tetap              
                                           Harga jual- Biaya variabel(biaya tidak tetap)
     Itu sedidkit pembelajaran tentang Cash Flow, sebenarnya masih banyak sekali yang bisa di bahas mengenai cash flow. Untuk saat ini, ini dulu yang saya bahas di blog saya. Mungkin di blog berikutnya bisa membahas lebih lanjut.
    Semoga bermanfaat.
Jika ada saran dan kritik silahkan tulis di kolom komentar!!!!!!!!!!!


    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar