Senin, 04 November 2013

Bootstrap atau Bootstrappig

         
Alhamdulilah,,, jumpa lagi di tulisan saya yang ke 4. Pada pembelajaran PER (Pengantar Entrepreneur Ritel) kali ini kita balajar tentang Bootstrap. Apa sich Bootstrap?.......Bootstrap yaitu bagaimana kita menggunakan apa yang kita miliki secara efektif dan efisien untuk mendapatkan yang kita inginkan, misalkan saat akan membuka usaha dan kekurangan modal maka bisa mengumpulkan modal denagan cara meminjam pada saudara, teman, atau mungkin melakukan barter denagan orang lain.
         Ada beberapa kelebihan saat melakukan Bootstrap:
1. Bisa memulai usaha lebih cepat tanpa menunggu modal sendiri. Jika mengumpulkan modal sendiri mungkin saat ingin memulai usaha ide-ide yang kita miliki bisa jadi sudah digunakan orang lain atau bisa juga semangat kita sudah mualai berkurang. Dan bisa juga ide yang ada terbuang sia-sia karena menunggu modal terkumpul yang sangat lama.
2. Tidak ada beban bunga dalam meminjam modal dari teman atau saudara. Ini juga mengurangi resiko apabila belum bisa mengembalikan  pinjaman masih bisa bernegosiasi dengan peminjam moda, namun jika meminjam pada Bank maka tidak ada negosiasi dan sudah pasti ada beban bunga yang harus di tanggung saat meminjam uang di Bank.
3. Jangka pengembaliannnya bisa disesuaikan. Waktu pengembalian dan jumlah bisa disesuaikan dengan kemampuan, namun harus sesuai juga denagan perjanjian awal.
           Dan ada juga kekurangan daripada meminjam modal dari orang lain yaitu beban hutang budi yang mungkin tak bisa dibayar dengan materi.
             Selain meminjam modal dari orang lain bisa juga melakukan barter dengan orang lain. Misal saya mempunyai ide yang bagus untuk sebuah usaha dan orang lain yang memiliki tempat usaha, maka saya bisa menawarkan ide saya untuk bekerjasama menggunakan tempat tersebut untuk membuka usaha.
Dengan demikian kita tidak perlu takut dalam memulai usaha jika tidak memiliki modal, kita bisa menggunakan cara Bootstrap, asal kita bekerja keras, kerja cerdas dan juga disiplin, maka pengembalian modal pasti bisa dilakukan tepat waktu.
          Itu sediki tentang Bootstrap, semoga bermanfaat.
SALAM ENTREPRENEUR!!!!!!!
       

 Jika ini bermanfat silahkah tulis di kolom komentar ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar